Minggu, 11 Maret 2012

Makanan Khas ' tahu tek '

Tahu Tek adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Tahu Tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting, dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar) dan setelah disiram dengan bumbu diatasnya ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil diameter krupuk sekitar 3cm.
Potongan tahu dan lontong kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabe dan bawang putih, bumbu diulek yaitu ditumbuk sambil diaduk dengan ulekan dalam cowek cekung besar terbuat dari batu (bentuknya seperti mangkuk besar), bumbu ini harus sangat kental. Petis yang digunakan dianjurkan petis dari Sidoarjo, karena terasa lebih enak dan asli sesuai dari daerah asalnya (Surabaya berbatasan langsung dengan Sidoarjo).
Dinamakan Tahu Tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan masakan (tahu, lontong, kentang, telur) dibunyikan terus seakan memotong, walaupun bahan makanan telah habis dipotong, sehingga seperti berbunyi tek..tek..tek.
Pada mulanya hidangan ini oleh penjual tahu tek dihidangkan dengan porsi terbanyak adalah tahu goreng setengah matang yang di gunting kecil-kecil dan kentang, untuk perkembangan sekarang dalam menghidangkan si penjualan tahu tek porsi terbanyak adalah lontong yang di gunting-gunting kecil. Tahu tek merupakan makanan yang di tawarkan keliling karena belum pernah ada warung yang menyediakan makanan tahu tek ini.
Dalam beberapa variasi yang ada di Jakarta, penjual Tahu Tek juga menyediakan Tahu Telor, yakni dengan menggoreng tahunya dengan adonan telur.

0 komentar:

Posting Komentar